Cara membuat EPS di Coreldraw Yang Diterima Shutterstock

Aturan membuat File EPS dari CorelDraw yang pasti diterima oleh Shutterstock

Bagi para desain grafis dan fotografer pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Shutterstock. Shutterstock adalah situs microstock terbaik untuk menjual Foto dan Vektor. Pertama kali kita mengupload foto atau vektor, Shutterstock akan membayar $0.25 per penjualan. Kalau kita sudah memperoleh $500 maka kita akan mendapat $0.33 per penjualan dan seterusnya. Selain dari penjualan vector atau foto kita bisa mendapat tambahan dari program refferalnya. Pembayaran di Shutterstock hanya menggunakan Paypal dengan minimum paayout sebesar $35. 

Untuk mengirim file vector ke Shutterstock ada 2 jenis EPS yaitu EPS 8 dan EPS 10. Terus apakah bisa membuat EPS dari CorelDraw yang dapat diterima oleh Shutterstock? Jawabannya, Bisa.

Kalau dulu, untuk mengirim karya berupa vektor ke Shutterstock, selain mengirimkan file EPS berukuran 600px X600px kita juga harus menyertakan berupa gambar JPGnya. Tetapi dengan adanya cara baru dari Shutterstock yaitu mengirimkan EPS tanpa harus mengirimkan JPGnya membuat file EPS yang dibuat dari CorelDraw hanya terbaca JPG saja. Sedangkan kalau dikirim EPS-nya saja selalu ditolak dengan alasan tidak sesuai artboard. Supaya EPS yang dibuat di Coreldraw sesuai ketentuan Shutterstock yaitu :
  • Ukuran vektor yang akan diekspor minimal 10000px X 10000px untuk gambar persegi.
  • Untuk gambar vektornya berbentuk potrait atau landscape bisa juga mengatur ukuran sebesar media cetak A0.
Setelah gambar diekspor dari CorelDraw menjadi file EPS, terus saja kita upload di Shutterstock.  Untuk menguploadnya kita kirimkan file Eps-nya saja tanpa harus mengirimkan gambar JPGnya. Dengan mengikuti cara ini sasti diterima sesuai ukuran artboard yang diminta Shutterstock. 

Sebelumnya saya selalu membuka lagi EPS yang dibuat CorelDraw yang berukuran 600px X600px itu di Adobe Illustrator, tetapi itu ribet. Setelah memakai ketentuan di atas file yang upload selalu diterima Shutterstock.



tag :
contributor shutterstock, download shutterstock, shutterstock logo, shutterstock free, submit shutterstock, shutterstock adalah, shutterstock contributor login, freepik, shutterstock indonesia, shutterstock downloader, shutterstock contributor log in, apa itu shutterstock, microstock, cara jual foto di shutterstock, cara menjual foto di shutterstock