Apa itu Virus Corona? Kenali dan Apa Gejalanya

Menurut pemberitan di media-media Internasional, Virus Corona telah menginfeksi ratusan orang di Wuhan, China. Menurut Leo Poon (Ahli Virus yang pertama kali mengetahui kasus pneumonia di Wuhan), virus corona dapat menyebabkan pneumonia dan tidak merespon antibiotik. Hal tersebut tidak mengagetkan namun virus SARS bisa membunuh hingga 10 persen.
Lagi ramainya pemberitaan tentang Virus Corona di seluruh media di dunia yang menyerang Wuhan,China, Tetapi mungkin di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui apa itu Virus Corona dan bagaimana mengenali gejalanya    Menurut pemberitan di media-media Internasional, Virus Corona telah menginfeksi ratusan orang  di Wuhan, China. Menurut Leo Poon (Ahli Virus yang pertama kali mengetahui kasus pneumonia  di Wuhan), virus corona dapat menyebabkan pneumonia dan tidak merespon antibiotik. Hal tersebut tidak mengagetkan namun virus SARS bisa membunuh hingga 10 persen.    Virus corona, yang penyebarannya melalui hewan terus menjangkiti ke manusia, Virus Corona  kini memiliki nama baru yaitu Novel Coronavirus (2019-nCoV). Sampai saat ini belum bisa dipastikan dampak mematikan serangan Virus Corona terhadap manusia.    Daya mematikan Virus Corona bisa berubah seiring meluasnya serangan virus ini. Karena itu, organisasi kesehatan dunia  (WHO) sudah memberi panduan dan menyarankan setiap negara untuk siap menghadapi serangan virus ini.     Berikut yang perlu diketahui soal corona virus atau virus corona :    1. Apa itu virus corona ?  Virus corona adalah kelompok besar virus yang biasa ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini tidak hanya menyebar antar hewan. Jadi, virus corona bisa menyebar dari hewan ke manusia. Virus ini memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Serangan virus corona di timur tengah mengakibatkan munculnya aturan pelarangan berfoto dengan unta.   2. Gejala Virus Corona    Serangan virus ini menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan atas ringan hingga sedang hampir sama dengan flu seperti biasa. Gejala Virus Corona adalah seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang dapat terjadi selama beberapa hari.    Virus Corona dapat menyerang siapa saja namun resikonya lebih besar kepada manusia  yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, misalnya anak-anak dan orang berusia lanjut.     Serangan Virus Corona apabila menyerang orang yang mempunyai sistem imun lemah bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang sangat serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah Pneumonia atau Bronkhitis.    MERS, SARS, dan Virus Corona lebih sering ditemukan pada orang tua meski riset masih terus dilakukan. Pasien Corona Virus  di Wuhan,Cina kebanyakan sudah berusia lebih diatas 40 tahun namun belum ditemukan pada anak-anak.    Itulah yang dimaksud Virus Corona dan gejala-gejalanya, jadi kita harus berhati-hati dan selalu bergaya hidup yang sehat, makan makanan yang sehat dan rajin berolahraga agar imun dalam tubuh kita dapat menangkal serangan virus corona dan virus jahat lainnya.
foto : evakuasi Virus Corona di Wuhan  sumber : Google


Lagi ramainya pemberitaan tentang Virus Corona di seluruh media di dunia yang menyerang Wuhan,China, Tetapi mungkin di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui apa itu Virus Corona dan bagaimana mengenali gejalanya

Menurut pemberitan di media-media Internasional, Virus Corona telah menginfeksi ratusan orang  di Wuhan, China. Menurut Leo Poon (Ahli Virus yang pertama kali mengetahui kasus pneumonia  di Wuhan), virus corona dapat menyebabkan pneumonia dan tidak merespon antibiotik. Hal tersebut tidak mengagetkannya karena virus SARS bisa membunuh hingga 10 persen.

Virus corona, yang penyebarannya melalui hewan terus menyerang ke manusia, Virus Corona  kini memiliki nama baru yaitu Novel Coronavirus (2019-nCoV). Sampai saat ini belum bisa dipastikan dampak mematikan serangan Virus Corona terhadap manusia.

Daya mematikan Virus Corona bisa berubah seiring meluasnya serangan virus ini. Karena itu, organisasi kesehatan dunia  (WHO) sudah memberi panduan dan menyarankan setiap negara untuk siap menghadapi serangan virus ini. 

Berikut yang perlu diketahui soal corona virus atau virus corona :

1. Apa itu virus corona ?

  • Virus corona adalah kelompok besar virus yang biasa ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini tidak hanya menyebar antar hewan. Jadi, virus corona bisa menyebar dari hewan ke manusia.
  • Virus ini memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Serangan virus corona di timur tengah mengakibatkan munculnya aturan pelarangan berfoto dengan unta.


2. Gejala Virus Corona

Serangan virus ini menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan atas ringan hingga sedang hampir sama dengan flu seperti biasa. Gejala Virus Corona adalah seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang dapat terjadi selama beberapa hari.

Virus Corona dapat menyerang siapa saja namun resikonya lebih besar kepada manusia  yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, misalnya anak-anak dan orang berusia lanjut. 

Serangan Virus Corona apabila menyerang orang yang mempunyai sistem imun lemah bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang sangat serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah Pneumonia atau Bronkhitis.

MERS, SARS, dan Virus Corona lebih sering ditemukan pada orang tua meski riset masih terus dilakukan. Pasien Corona Virus  di Wuhan,Cina kebanyakan sudah berusia lebih diatas 40 tahun namun belum ditemukan pada anak-anak.

Itulah yang dimaksud Virus Corona dan gejala-gejalanya, jadi kita harus berhati-hati dan selalu bergaya hidup sehat, makan makanan yang sehat dan rajin berolahraga agar imun dalam tubuh kita dapat menangkal serangan virus corona dan virus jahat lainnya.